Selamat datang di website Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara    Ā 

Informasi tentang Kegiatan PKP2A III LAN Tahun Anggaran 2013

Dibuat : 1 May 2013
Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) adalah unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi LAN di daerah yang memiliki tugas menyelenggarakan kajian/penelitian dan pengembangan di bidang administrasi negara, serta pembinaan, pendidikan dan pelatihan aparatur sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Kepala LAN dan perundang-undangan yang berlaku. Sejak berdiri tahun 2005, PKP2A III LAN dalam pelaksanaan tugasnya telah berkontribusi cukup besar dalam pengembangan sistem administrasi negara di wilayah Kalimantan dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki.

Memiliki visi “Menjadi Pusat Unggulan di Daerah Dalam Pengembangan Sistem Administrasi Negara” pada tahun 2014, PKP2A III LAN dalam pelaksanaan tugasnya senantiasa mengarah kepada pencapaian visi tersebut. Pernyataan visi tersebut mengandung pengertian PKP2A III LAN diharapkan dapat menjadi sebuah pusat unggulan yang memiliki kinerja tinggi dan mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas dalam bidang pengkajian administrasi negara serta pembinaan dan penyelenggaraan diklat aparatur. Kedudukan institusi PKP2A III LAN juga diharapkan dapat menjadi mitra strategis dan terpercaya serta senantiasa hadir di manapun dibutuhkan oleh para stakeholder baik di tingkat daerah, regional maupun nasional. Selain itu, kehadiran PKP2A III LAN diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata kepada para stakeholder dalam membangun dan mengembangkan sistem administrasi negara yang baik.

Dengan senantiasa mengarah kepada pencapaian visi dan misi pula, PKP2A III LAN setiap tahunnya menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan. Program dan kegiatan tersebut dirumuskan dan diselenggarakan dengan mempertimbangkan sasaran dan tujuan yang telah ditentukan, sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam pencapaian misi dan visi. Sebagai instansi vertikal, penyelenggaraan program dan kegiatan di PKP2A III LAN menggunakan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), baik yang bersumber dari Rupiah Murni (RM) maupun Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Pada tahun anggaran 2013, PKP2A III LAN berencana menyelenggarakan beberapa kegiatan yang diantaranya adalah:
  1. Kajian Inovasi Pelayanan Publik di Wilayah Kalimantan
  2. Kajian Penataan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Organisasi Pemerintah Daerah
  3. Kajian Penataan SDM Aparatur Pemerintah Daerah
  4. Bimtek dan Advokasi Administrasi Pemerintahan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
  5. Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Diklat di Wilayah Kalimantan
  6. Bimtek Pembuatan Standar Pelayanan Publik
  7. Rapat Kerja Eksekutif
  8. Bimtek Penyusunan Laporan Evaluasi Pelaksanaan Program Diklat
  9. Diklat Pengelolaan Pengembangan Kompetensi Pegawai
  10. Diklat Prajabatan Golongan I dan II
  11. Diklat Prajabatan Golongan III
  12. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV
  13. Diklat Kepemimpinan Tingkat III
  14. Diklat Pelayanan Prima Untuk Penyelenggara Diklat
  15. Diklat-diklat Teknis
  16. Forum Pembinaan Widyaiswara
  17. Penerbitan Jurnal Borneo Administrator
  18. Penerbitan Majalah Diklat Aparatur
Adapun informasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut di atas dapat diunduh disini.

Selain menyelenggarakan kegiatan internal, PKP2A III LAN juga melakukan fasilitasi, perkonsultasian, dan advokasi dalam bidang administrasi negara sesuai peraturan yang berlaku. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan/keinginan stakeholder yang tidak terakomodir dalam kegiatan internal PKP2A III LAN.

PKP2A III LAN memiliki peran yang strategis dalam rangka mewujudkan Good Governance di daerah. Berkembangnya wacana reformasi birokrasi yang makin kuat merupakan peluang sekaligus tantangan bagi PKP2A III LAN untuk berperan aktif di dalamnya, khususnya di bidang administrasi negara. Meskipun demikian, dukungan stakeholder dengan ikut terlibat langsung dalam proses pengembangan sistem administrasi negara di daerah sangat dibutuhkan oleh PKP2A III LAN. (admin)

Opini

KENAPA SULIT BERINOVASI?

Manusia memiliki anugarah yang tidak terhingga diberikan oleh Tuhan, salah satunya adalah apabila sebuah kretivitas membentuk sebuah inovasi. Kesamaan definisi antara kreativitas dan inovasi adalah terbentuk dari ide-ide untuk melakukan sebuah perubahan, ...Selanjutnya

Kenali Gaya Peserta Anda Dalam Diklat (The Manual of Learning Styles by Pet...

Dalam proses pembelajaran di kelas, seorang instruktur memiliki cara-cara tersendiri dalam melakukan proses transfer ilmu. Instruktur memiliki kekuatan ataupun kemampuan, artinya setiap instruktur memiliki cara-cara tersendiri dalam memasuki tahapan pembe ...Selanjutnya


Jurnal